Kamis, 26 Februari 2009

MUDAHNYA BERPRASANGKA

Ternyata gampang sekali hati ini berprasangka negatif kepada orang lain yang belum tentu orang yang kita nilai sesuai dengan apa yang kita sangkakan.

Terkadang, kita hanya melihat dari satu sisi saja dan lansung menilai buruk tanpa terlebih dahulu mentabayuni atau mencari informasi syumul. Sebagai contoh mungkin, pada saat orang yang kita nilai tidak terlihat sewajarnya, atau kelihatan agak sedikit aneh... study kasusnya yang dapat diambil hibrohnya adalah pada saat kita sedang melakukan koordinasi, mungkin bisa jadi 1-2 kali koordinasi kita tidak ada masalah dengan rekan-rekan dakwah kita, namun pada rapat berikutnya ada saudara kita yang gaya rapatnya yang biasanya agak cool tiba-tiba berubah 180 derajat emosinya meningkat, dan hal itu terjadi hampir berulangkali. Bisa jadi hal ini membuat diri kita langsung menilai "Ikhwah gak tau diuntung, tiap saat kok emosian terus"

Yah...mungkin ini baru secuil cerita yang kurang bermutu, tapi yakinlah bahwa banyak faktor yang membuat kita langsung men-justis negatif saudara kita. Parahnya, kita berprasangka kepada orang yang jarang kita temui, dan apabila terdengar ISU negatif tentangnya (ingat cuma "ISU") kita jadi ikut-ikutan berprasangka yang jelek padahal kita tidak pernah melihat langsung kejadiannya tapi HANYA MENDENGAR saja, Naudzubilla.....

Mari kita bersihkan hati kita dari segala yang mengotorinya...

0 komentar: